Pantai Wedi Ireng

2 min read

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Alamat: Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur (68488)

Terletak Sekitar: 391,9 km (7 jam 31 menit) via Jalan Tol Salatiga – Kertosono

Anda punya mimpi mengunjungi Raja Ampat Papua dan belum kesampaian? Mungkin, Anda harus memulainya dengan Raja Ampat Mini yang ada di Banyuwangi. Ya, kota ini memang belakangan mulai dilirik sebagai destinasi wisata bahari Jawa Timur. Salah satu pesonanya adalah Pantai Wedi Ireng yang kerap dijuluki Raja Ampat Mini.

Pantai ini sangat sempurna untuk menemani Anda dalam kegiatan liburan dan refreshing. Musababnya adalah ombak yang tenang, airnya yang jernih, serta dilengkapi pemandangan nan cantik.

Terkait dengan julukannya sebagai Raja Ampat di Banyuwangi, hal ini dikarenakan mempunyai gugusan tebing serupa dengan yang ada di Papua Barat. Penasaran dengan serba-serbinya? Sila simak ulasannya berikut ini!

Harga Tiket Masuk

Menyiapkan biaya adalah salah satu hal yang paling penting dalam pelaksanaan liburan di Pantai Wedi Ireng ini. Nah, sebagai alternatif untuk mencapai lokasi lebih praktis dan cepat, Anda bisa melewati jalur laut.

Caranya dengan menuju ke Dusun Pancer, kemudian sewa lah perahu nelayan dengan biaya Rp 40.000,- (antar-jemput). Untuk bisa mencapai pantai, Anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit.

Cukup siapkan biaya untuk perjalanan saja, sebab untuk bisa masuk ke Pantai Wedi Ireng ini, Anda tidak dikenakan biaya sepeserpun.

Objek Wisata Menarik

Lokasi Pantai Wedi Ireng memang cukup terpencil. Namun, bukan berarti tidak memiliki keindahan tersendiri. Ada banyak hal yang bisa Anda nikmati di pantai dengan teka-teki pasirnya ini. Apa sajakah? Keep scrolling, ya!

  1. Berolahraga Air

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Kondisi ombak yang besar memang bukan menjadi kondisi yang ideal untuk berenang. Namun, justru sangat optimal untuk melakukan olahraga air. Ya, Anda bisa melakukan diving atau snorkeling. Dengan aktivitas tersebut, Anda bisa melihat alam bawah laut yang menakjubkan.

Pemandu akan membawa Anda ke spot terbaik untuk memeriksa keindahan bawah laut. Pastikan keselamatan dan keamanan dengan berbagai perlengkapan sebelum melakukan diving atau snorkeling.

  1. Menyewa Perahu

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Tak hanya menjelajahi alam bawah laut saja. Anda pun bisa merasakan sensasi keindahan dari atas laut dengan menggunakan perahu. Silakan menuju ke bibir pantai untuk menyewa perahu nelayan yang berjajar dengan rapi.

  1. Bermain Pasir

Pantai Wedi Ireng Banyuwangi

Karena kegiatan berenang di Pantai Wedi ireng ini tidak begitu disarankan, maka Anda bisa beralih dengan bermain pasir. Nah, sebenarnya, lokasi Wedi ireng terbagi atas dua titik. Yakni di barat dan timur.

Area pantai tersebut dipisahkan oleh karang yang berbentuk “W”. Pada pantai timur, pasirnya memiliki warna hitam, sedangkan di bagian barat cenderung berpasir putih. Pada area barat juga memiliki ombak yang cenderung lebih tenang sehingga banyak pengunjung berkumpul di area ini.

  1. Bersantai di Bawah Gazebo

Capek bermain pasir? Mungkin sudah saatnya Anda bersantai di bawah gazebo. Sekadar menikmati semilir angin sembari melihat pemandangan kiranya membuat hati menjadi lebih nyaman.

Nah, saat beristirahat ini, Anda akan terbebas dari teriknya matahari di bawah gazebo. Nikmati juga suara deburan ombak sehingga hati akan lebih damai.

  1. Memancing

Tak lengkap rasanya jika mengunjungi Wedi ireng tanpa melakukan aktivitas memancing. Silakan ikuti nelayan setempat lalu tanyakan spot terbaik untuk mendapatkan ikan.

Jika sudah mendapat ikan, silakan keluarkan alat untuk memasak dan bakar ikan di pinggir pantai. Pastinya akan menjadi kegiatan yang tak terlupakan dan sangat berkesan.

  1. Camping

Ah, rasanya sangat damai bermalam di tepi pantai. Anda wajib banget merasakan sensasinya saat mengunjungi pantai ini. Pasalnya bersatu dengan alam akan membuat hati terasa lebih damai.

Jangan lupa untuk membeli berbagai perlengkapan sendiri. Sebab, tidak ada tempat persewaannya. Bersantai dan nikmatilah suasana pantai karena tempat ini dibuka selama 24 jam penuh.

  1. Melihat Pondok Pembuatan Gula Merah

Hal ini bisa Anda dapatkan jika menuju ke pantai melalui jalur tracking. Yang mana Anda akan melewati hutan pohon kelapa dan tanaman buah naga. Bahan untuk membuat gula merah ini cukup unik yakni menggunakan sari bunga kelapa.

  1. Jalur Offroad dan Trail

Pantai ini memiliki akses menuju lokasi yang cukup jauh. Sehingga cocok untuk offroad atau trail. Track-nya sangat menunjang untuk Anda melakukan kegiatan ini. Terlebih sehabis hujan turun.

Fasilitas Pantai

Meskipun tergolong pantai yang belum banyak dijamah oleh pengunjung. Sudah tersedia berbagai fasilitas pendukung yang akan membuat Anda tetap merasa nyaman. beberapa diantaranya:

  • Kamar mandi umum
  • Persewaan aat snorkeling dan diving
  • Area parkir
  • Penginapan
  • Gazebo

Rute Menuju Lokasi

Lokasi dari Wedi Ireng cukup jauh dari pusat kota. Sehingga membutuhkan perjuangan yang cukup berat untuk melewati medannya. Nah, pantai ini berjarak 3 kilometer dari Pulau Merah dan 65 km dari Banyuwangi.

Untuk menuju ke lokasi, Anda bisa menggunakan rute darat atau laut. Jika menggunakan jalur darat, Anda bisa jalan kaki. Sedangkan melalui jalur laut, bisa menggunakan perahu. Carilah arah ke Kecamatan Jajag dan ikuti saja petunjuk arah menuju ke Pulau Merah.

Siapkan semua perbekalan mulai dari sini. Sebab, akan sangat sulit menemukan toko yang menjual perlengkapan makan dan minum. Nah, sebaiknya aktifkan juga GPS untuk mendapatkan petunjuk yang lebih detail.

Sekadar mengingatkan, saat berwisata di Pantai Wedi Ombo ini, pastikan Anda membuang sampah pada tempatnya, ya! Plus jaga stamina dan rajin berolahraga sebelum menuju ke lokasi. Sebab, track dan medan yang menantang. Namun, semua akan terbayar lunas dengan pemadangan pantai perawan di depan mata!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *