Pesona Pantai Lombang

2 min read

Pesona Pantai Lombang Sumenep

Alamat: Area Kebun, Lombang, Batang Batang, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur 69473

Terletak Sekitar 21,2km (33 menit) dari Kabupaten Sumenep.

Pantai Lombang merupakan salah satu pantai yang terletak di provinsi Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Sumenep bagian timur. Pantai ini berjarak kurang lebih 26 kilometer dari pusat kota Sumenep tepatnya di kecamatan Batang-batang.

Pantai Lombang memiliki pemandangan hamparan pasir putih yang begitu menawan. Tak heran jika pantai tersebut menjadi salah satu destinasi wisata paling banyak dikunjungi oleh wisatawan di Pulau Madura.

Harga Tiket di Pantai Lombang

Layaknya pantai pada umumnya, harga tiket masuk Pantai Lombang masih masuk dalam batas wajar. Dengan pemandangan yang disuguhkan begitu luar biasa indah, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya tiket sebesar Rp. 5.000 saja.

Sedangkan untuk sewa parkir, Anda akan dikenai biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 untuk sepeda motor, dan Rp. 10.000 untuk parkir mobil. Namun harga tersebut masih bisa berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan.

Objek Wisata Menarik

1. Berenang di Pantai Lombang

Berlibur ke pantai nampaknya kurang afdol jika belum meluangkan waktu untuk berenang di sepanjang pantai. Seperti halnya pantai lombang yang memiliki arus ombak cukup tenang, menjadikan berenang disini sebagai hal yang wajib bagi wisatawan.

Teruntuk Anda yang kurang begitu lihai dalam berenang, tak usah bingung karena disini juga menyewakan pelampung dan ban sebagai alat bantu. Untuk sarana MCK juga sudah banyak tersedia dengan biaya kebersihan sebesar Rp. 2.000 saja.

2. Bersantai di Bawah Pohon

Bukan hanya indah dengan hamparan pasir putihnya saja, pantai lombang juga unik karena terdapat beberapa pohon cemara udang. Disebut cemara udang karena bentuk dari tiap rantingnya membungkuk menyerupai udang.

Konon, tak semua pantai bisa tumbuh jenis pohon yang satu ini. Dan hanya terdapat di Laut Cina Selatan dan Pantai Lombang saja. Jadi ketika berkunjung kesini, jangan sampai kelewatan untuk mengabadikan momen bersantai di bawah pohon cemara udang ya.

3. Wisata Kuliner

Puas dengan berenang serta bermain di sepanjang Pantai Lombang, pastilah Anda merasakan lapar dan haus. Tak perlu khawatir, untuk mengatasi masalah perut Anda, di pantai ini sudah banyak tersedia warung-warung penjaja makanan.

Mulai dari makanan instan hingga makanan khas seperti rujak lontong Madura bisa Anda cicipi disini. Perpaduan antara lontong, tahu, timun, tempe, dan kecambah yang disiram saus kacang dan cepuk petis ini hanya dibanderol dengan harga Rp. 10.000 saja.

4. Memancing

Jika Anda lihai dalam hal memancing atau hanya sekedar hobi memancing, hobi Anda bisa tersalurkan di Pantai Lombang ini. Namun meskipun disediakan area pemancingan, segala peralatan yang dibutuhkan tetap harus Anda bawa sendiri.

5. Bermalam di Pantai Lombang

Apabila waktu yang Anda habiskan seharian di Pantai Lombang ini dirasa masih kurang, Anda juga bisa bermalam di sekitaran pantai ini. Tentunya dengan menyewa penginapan di sekeliling pantai, atau bisa dengan mini camping.

Untuk penginapan yang disediakan memang tidak begitu banyak. Akan tetapi dengan harga yang bisa dibilang terjangkau, penginapan di Pantai Lombang menyuguhkan suasana pantai malam hari, bahkan terkadang ada pagelaran warga sekitar.

6. Belanja Pernak-Pernik

Sebelum pulang dan benar-benar meninggalkan pantai ini, tak ada salahnya untuk memanjakan mata dengan berbelanja pernak-pernik khas Pantai Lombang.  Di sepanjang jalan menuju pintu keluar banyak sekali penjaja aneka cidera mata khas pantai.

Mulai dari baju pantai, sarung pantai, gelang-gelang unik, sandal, jam pasir, hiasan dinding, kerajinan dari kerang, hingga berbagai makanan olahan laut yang nikmat dengan cita rasa khas pantai.

Fasilitas Pantai Lombang

Untuk saat ini jenis fasilitas-fasilitas yang ditawarkan oleh para pengelola Pantai Lombang ini bersifat umum. Seperti adanya kamar mandi, MCK, warung-warung kecil untuk bersantai dan menikmati makanan khas Madura, serta penginapan.

Namun, bukan sebuah hal yang tidak mungkin apabila fasilitas tersebut akan terus ditambah dan diperbaiki lagi. Hal ini tentunya juga bergantung dengan seiring banyaknya wisatawan yang berkunjung ke pantai ini.

Rute Menuju Lokasi

Sebenarnya terdapat beberapa jalan alternatife yang bisa Anda tempuh untuk menuju Pantai Lombang. Yakni untuk Anda yang berada di luar Pulau Madura dan juga untuk Anda yang berada di pusat Kota Sumenep. Berikut rutenya:

  • Untuk Luar Pulau Madura

Yang pertama tentunya harus melewati jalan tol Suramadu. Ikuti jalan H Mohammad Nur, lalu mengambil jalur kiri ketika berada di pertigaan Pos Polisi Tangkel menuju Jalan Raya Burneh. Setelah berjalan sekitar 1 kilometer, Anda akan sampai di Bundaran Burneh.

Ketika di bundaran tersebut, ambil jalur kiri menuju Jalan Raya Tanjung.  Belok kanan ke arah Jalan Kapten Syafiri ketika sampai di lampu merah Panwaslu Bangkalan hingga menjumpai di perempatan Pasar Tradisional Bangkalan.

Dari sana, Anda hanya perlu jalan terus hingga menemukan lapang bola batang-batang kemudian belok kiri, sampai di perempatan Pasar Legung Timur belok kanan dan sekitar dua kilometer kemudian Anda akan menemukan papan yang bertuliskan Pantai Lombang.

  • Dari Pusat Sumenep

Ketika berada di pusat kota Sumenep, mulailah dengan masuk ke Jalan Halim Perdana Kusuma lalu ambil jalur kanan di persimpangan Taman Bunga Pamolokan menuju Jalan Raya Gapura.

Setelah melakukan perjalanan beberapa menit, Anda akan menemukan petunjuk arah menuju Pantai Lombang yang hanya berjarak sekitar 2 km saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *