Pesona Pantai Buyutan

2 min read

Pesona Pantai Buyutan

Alamat: Desa Widoro, Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554.

Terletak sekitar 270 km (5 sampai 6 jam) dari Surabaya.

Pantai buyutan merupakan salah satu pantai dengan keunikan tersendiri. Ya, keunikan tersebut terdapat pada dongeng mahkota Dewa Narada yang sudah melekat di hati para pendengarnya.

Hamparan pasir putih yang luas dan karang mahkota yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai ini membuat para wisatawan terhibur. Tak heran jika banyak sekali wisatawan yang berlibur untuk menikmati suasana pantai ini.

Nah, bagi Anda yang belum memiliki rencana liburan, pantai yang satu ini sangat recommended lho. Untuk penjelasan selengkapnya, yuk simak ulasan berikut.

Harga Tiket

Nah, untuk bisa masuk ke tempat wisata yang satu ini Anda harus membayar tiket masuk Rp. 0 atau gratis.  Jam operasional pantai yaitu 24 jam non stop. Sehingga, para wisatawan yang datang bisa menikmati suasana pantai dengan leluasa tanpa dibatasi oleh waktu.

Meski untuk memasuki tempat wisata ini gratis. Akan tetapi Anda harus ikut merawat pantai ini dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Hal ini bertujuan agar kondisi sekitar pantai tetap bersih dan indah. Sehingga para pengunjung bisa nyaman saat berada di tempat ini.

Objek Wisata Pantai Buyutan

Sama seperti pantai pada umumnya. Pantai yang satu ini juga memiliki berbagai objek wisata yang menarik lho. Dan tentunya objek wisata tersebut sangat seru serta cocok sebagai spot foto unik. Objek wisata tersebut diantaranya sebagai berikut:

1. Batu Karang Mahkota Dewa Narada

Pesona Pantai Buyutan

Adanya batu karang berbentuk mahkota yang tidak lepas dari cerita rakyat ini menjadi salah satu keunikan dari pantai Buyutan. Menurut dongeng yang beredar di masyarakat, konon pada zaman dahulu terdapat mahkota yang jatuh dari langit.

Dimana mahkota tersebut adalah batu karang yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai. Batu karang mahkota dewa Narada ini bisa Anda jadikan sebagai background foto yang kekinian dan kece abis.

2. Perbukitan Karang

Pesona Pantai Buyutan

Nah, perbukitan karang yang berada di pantai ini merupakan salah satu tempat favorit para pengunjung. Pasalnya, ditempat ini Anda bisa melakukan kemah, melihat sunset, mendengarkan suara ombak, membakar ikan atau jagung dan lain-lain.

Para pengunjung juga bisa bebas memilih lokasi kemah dengan area sabana yang luas. Ditempat ini Anda dapat menyalakan api unggun dan bernyanyi bersama keluarga atau teman saat berkemah.

3. Habitat Monyet

Pesona Pantai Buyutan

Selain bisa menikmati suasana alam bahari yang sejuk dan indah, Anda juga bisa berjumpa langsung dengan penghuni asli pantai ini lho. Ya, penghuninya adalah monyet, hal ini membuktikan bahwa wilayah ini masih terjaga kondisi alamnya.

Bukan hanya melihat saja, para pengunjung juga boleh mengabadikan momen bersama penghuni asli daerah pantai ini. Asalkan para pengunjung tidak menyakiti atau memburunya. Hal ini bertujuan agar populasi penduduk asli daerah ini tidak punah.

4. Sumber Air Tawar

Pesona Pantai Buyutan

Di pantai yang satu ini juga terdapat hal menarik lain lho. Hal tersebut adalah sumber air tawar yang berasal dari bukit sabana dan area pantai. Sumber air bersih ini sangat berguna untuk para pengunjung yang akan melakukan kemping di area pantai.

Namun, sumber air ini sulit dicari. Jadi, Anda harus bereksplorasi untuk menemukan sumber air bersih untuk melakukan berbagai kegiatan. Jika Anda sudah menemukan sumber air tersebut, maka gunakanlah air dengan bijak.

5. Spot Renang, Diving dan Surfing

Pesona Pantai Buyutan

Ombak pantai yang cukup besar dan laut yang berwarna biru sangat cocok digunakan untuk surfing, diving dan juga renang. Namun untuk melakukan kegiatan tersebut Anda harus membawa peralatan khusus sendiri.

Hal ini dikarenakan fasilitas pantai yang belum lengkap. karakter ombak di pantai ini terbilang cukup besar. Namun tidak berbahaya, karena ombak tersebut akan pecah sebelum ke area bibir pantai. Sebab, ombak tersebut sudah terhalang oleh batu karang.

Fasilitas Pantai Buyutan

Pantai ini masih terbilang bau dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Fasilitas yang terdapat di pantai ini juga kurang lengkap. Hanya ada tempat parkir yang  sempit dan juga kamar mandi yang terbatas.

Di tempat wisata ini belum ada warung  makan atau semacamnya. Jadi, untuk Anda yang akan liburan di pantai ini jangan lupa untuk membawa bekal sendiri. Selain itu juga terdapat beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat akan mengunjungi pantai ini, seperti:

  • Membawa bekal makanan dari rumah
  • Membawa alat diving, renang dan lain-lain
  • Membawa baju ganti.

Rute Menuju Lokasi

Pantai buyutan ini letaknya berada di Desa Widoro, Bolo, Kalak, Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63554. Tepatnya terletak sekitar 270 km (5 sampai 6 jam) dari Surabaya.

Bagi pengunjung dari dalam Pacitan, Rute perjalanan yang mudah dilalui untuk sampai ke tempat wisata ini adalah lewat Goa Gong. Sedangkan bagi para pengunjung yang berasal dari Solo dan Jogja bisa mengambil jalur pacitan-Solo.

Jika Anda sudah melihat masjid besar punung di Pertigaan, lalu belok kiri kemudian belok kanan. Setelah itu, di pertigaan kedua Anda akan menemui Goa Gong. Dari tempat ini, lurus terus hingga sampai di Kalak, selanjutnya lihat papan petunjuk.

Liburan merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Tapi, apakah Anda sudah memiliki rencana liburan? Jika belum, pantai buyutan wajib Anda kunjungi. Sebab, pantai ini memiliki banyak objek wisata yang bisa menghibur Anda dan melepaskan penat.

Pantai Watu Karung

Indah Dita P.
2 min read

Pesona Pantai Soge

Indah Dita P.
2 min read

Pesona Pantai Klayar

Indah Dita P.
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *