Pantai Boom Banyuwangi

3 min read

Alamat: Desa, Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68419, Indonesia.

Terletak sekitar 2,6 kilometer (9 menit) dari Pusat Kabupaten Banyuwangi.

Banyuwangi adalah daerah paling ujung dari Jawa Timur sebelum masuk selat perbatasan Pulau Jawa dan Bali. Dikarenakan letaknya, bisa dikatakan jika Banyuwangi memiliki cukup banyak pantai yang menjadi destinasi wisata yang sangat menarik.

Diantara banyaknya pantai indah di lokasi ini, Pantai Boom Banyuwangi adalah salah satu pantai terbaik untuk dikunjungi.

Menurut catatan sejarah, Pantai Boom dulunya merupakan pelabuhan penting yang ada di Banyuwangi. Namun, saat ini, pelabuhan tersebut sudah tidak beroperasi lagi berganti menjadi objek wisata pantai yang sangat memukau.

Bisa dikatakan bahwa Pantai Boom Banyuwangi adalah pantai yang sangat indah. Kombinasi pantai yang landai dan lautan yang biru akan memuaskan mata yang memandang.

Harga Tiket Masuk di Pantai Boom

Kabar baik untuk Anda yang ingin berlibur di Pantai Boom adalah tidak ada tiket masuk yang dibebankan kepada para pengunjung. Pengunjung bebas berkunjung ke pantai ini kapan saja mereka mau. Hanya saja, ada biaya parkir untuk keamanan kendaraan yang digunakan.

Untuk parkir kendaraan dibedakan menjadi beberapa macam. Parkir untuk motor roda dua adalah Rp 2.000, parkir untuk mobil adalah Rp 5.000 dan parkir kendaraan yang lebih besar dari mobil pribadi mulai dari Rp 8.000.

Bisa dikatakan bahwa tidak ada masalah pada tarif untuk wisata di pantai ini. Anda yang ingin berwisata indah namun hemat, tentu bisa menjadikan Pantai Boom sebagai rekomendasi.

Objek Wisata di Pantai Boom

Untuk menyenangkan para pengunjung yang datang ke pantai ini, pengelola Pantai Boom menyediakan cukup banyak objek wisata menarik. Adanya banyak objek wisata menarik di Pantai Boom Banyuwangi tentu akan membuat liburan semakin semarak.

Adapun beberapa hal menarik yang akan ditemukan di pantai ini adalah sebagai berikut:

1) Semenanjung Pantai Boom

Pantai Boom memiliki pasir yang berwarna cenderung abu-abu dan bukan pasir putih sebagaimana pantai pada umumnya. Namun, meskipun demikian, pemandangan pantai yang tersaji cukup indah dan menawan terutama di sore hari.

Ada hamparan pasir yang cukup luas di semenanjung Pantai Boom ini. Anda dan keluarga bisa menjadikannya sebagai area bersantai. Ya, ada penyewaan tikar untuk duduk-duduk di tepian pantai dengan biaya Rp 20.000 dan bisa digunakan sepuasnya.

Bersantai sambil menikmati senja di Pantai Boom ini tentu sangat menyenangkan.

2) Area Memancing

Suka dengan aktivitas memancing di laut? Pantai Boom Banyuwangi adalah salah satu pantai yang memiliki spot memancing ikan. Ada beberapa tempat yang memang tersedia untuk pengunjung yang ingin memancing.

Kawasan pantai ini, karena terletak di dekat perbatasan dua pulau, menjadi rumah bagi aneka jenis ikan laut.

3) Tugu INKAI

Di sekitar Pantai Boom Banyuwangi terdapat sebuah tugu tua yang sangat terkenal. Nama tugu ini adalah Tugu INKAI. Tugu ini dibuat sebagai salah satu tanda penghormatan bagi korban yang terkena gelombang pasang pada tahun 1982 yang lalu.

Ada cukup banyak korban yang akhirnya tewas karena peristiwa ini. Oleh karena itu, pengelola membangun tugu tersebut selain untuk mengenang korban juga sebagai pengingat akan bahaya ombak yang besar. Dalam tugu tersebut ditulis semua nama korban tragedi masa silam yang terjadi di pantai ini.

4) Festival Budaya

Bisa dikatakan bahwa Banyuwangi adalah kabupaten yang sering mengadakan festival budaya. Salah satu tempat penyelenggaraan festival tersebut adalah di Pantai Boom.

Ya, jika Anda beruntung, Anda bisa menyaksikan festival ini saat berkunjung ke Pantai Boom Banyuwangi. Hampir setiap tahun pengelola pantai ini mengadakan festival untuk daya tarik wisatawan.

Ada cukup banyak festival yang diadakan di Pantai Boom ini. Salah satu festival yang sangat terkenal dan masuk dalam budaya lawas Banyuwangi adalah festival Gandrung Sewu. Selain itu, ada pula festival musik jazz yang biasanya digelar.

5) Menyewa Kuda

Penduduk sekitar Pantai Boom menyediakan penyewaan kuda untuk dinikmati para pengunjung yang datang. Jika Anda penasaran, maka Anda bisa mencoba menyewa kuda tersebut dan berkeliling di sekitar pantai sambil menunggangi kuda.

Tidak perlu khawatir karena kuda yang disewakan sudah jinak dan Anda akan didampingi oleh pemilik. Tentu, ini akan menjadi salah satu pengalaman liburan baru yang mengesankan.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Boom

Pantai Boom memiliki beragam fasilitas yang cukup lengkap. Pengelola memang berusaha memenuhi kebutuhan wisatawan agar kepuasan mereka terjaga.

Adapun beberapa fasilitas yang tersedia di Pantai Boom ini adalah sebagai berikut:

  • Kursi malas lengkap dengan payung untuk menikmati pantai
  • Persewaan kuda
  • Sarana MCK yang memadai
  • Tempat parkir yang luas dan nyaman

Rute Menuju ke Pantai Boom

Pantai Boom Banyuwangi terletak tidak terlalu jauh dari Pusat Kabupaten Banyuwangi. Tepatnya, letak Pantai Boom ada di Kampungmandar, Kec. Banyuwangi. Lokasi ini hanya sekitar 2,6 kilometer saja dari Pusat Kabupaten Banyuwangi dan bisa ditempuh dengan waktu kurang dari 10 menit perjalanan jika jalanan lancar.

Tidak hanya itu, akses jalan menuju ke Pantai Boom juga sangat baik. Anda akan menemukan jalan aspal yang rata dan luas.

Dari pusat Kabupaten Banyuwangi, arahkan kendaraan Anda menuju ke simpang lima. Anda nantinya akan melewati Jalan Dr. Sutomo dan sampai ke Taman Blambangan. Dari lampu merah taman, lurus ke utara hingga sampai di bundaran PLN. Belok kanan menuju ke Jalan Nusantara.

Nah, dari sini, lurus hingga melihat plang yang menunjukkan jalan ke arah Pantai Boom.

Dengan aneka keunikan yang ada terutama festival budaya yang masih digelar, Pantai Boom Banyuwangi menciptakan pesona tersendiri bagi Anda untuk liburan. Tunggu apalagi, atur waktu liburan Anda dan berkunjung ke pantai ini!

Pantai Wedi Ireng

Indah Dita P.
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *