Informasi Teknologi Cara Daftar SIM Online Dengan Mudah Via Aplikasi SINAR

Informasi Teknologi

Sebelumnya proses pendaftaran Surat Izin Mengemudi (SIM) harus langsung ke kantor polisi terdekat, kini bisa dilakukan secara online. Informasi teknologi berupa Cara daftar SIM online ini dapat diakses melalui aplikasi SINAR (SIM Presisi Nasional).

Dimana aplikasi tersebut diterbitkan oleh Korps Lalu Lintas Polri dan tersedia di App Store dan Play Store. Anda hanya perlu menyelesaikan semua langkah pendaftaran online di aplikasi SINAR dan memilih jadwal untuk mengikuti tes tiruan.

Informasi Teknologi

Cara Daftar SIM Online Dengan Praktis

Cara Daftar SIM Online Melalui Aplikasi SINAR

Merujuk pada laman Korlantas Polri, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan registrasi kartu SIM online:

  • Unduh aplikasi SINAR di ponsel Anda
  • Buka aplikasi SINAR untuk pendaftaran
  • Masukkan nomor ponsel yang valid
  • Lanjutkan untuk memverifikasi dengan kode OTP yang dikirim ke telepon
  • Berikutnya coba masuk website informasi menggunakan Kunci Nomor Penduduk (KTP)
  • Masuk dengan pengenalan wajah
  • Tentukan jenis kartu SIM yang di pilih
  • Konfirmasi pembayaran PNBP SIM baru
  • Ikuti serangkaian tes teori online
  • Jika lulus Anda akan mendapatkan kode QR
  • Kemudian pilih SATPAS untuk mengikuti ujian praktek yang di pilih
  • Pada tahap akhir, SIM dapat peroleh setelah lulus tes praktik.
  • Biaya pendaftaran SIM

Rincian Biaya Yang Perlu Dipersiapkan

Selain informasi teknologi berupa cara daftar SIM online, berikut beberapa detail biaya persiapan SIM Card baru:

  1. SIM A & A Umum sebesar Rp 120.000
  2. SIM B1 dan B1 Universal Rp 120.000
  3. SIM B2 dan Umum B2 Rp 120.000
  4. SIM C Rp100.000
  5. SIM D Rp 50.000

SINAR tidak hanya menyediakan akses ke pendaftaran SIM baru, tetapi juga memiliki pembaruan SIM. Pada proses perpanjangan biasanya pemohon hanya perlu melampirkan beberapa dokumen verifikasi. Baca juga tentang ide bisnis online untuk mahasiswa yang menguntungkan.

Setelah itu, kartu SIM dengan perpanjangan masa perpanjangan akan dikirimkan ke alamat Anda tanpa harus ke kantor polisi. Website informasi melalui SINAR adalah sistem yang di perbarui.

Perbedaan SIM C, SIM CI, SIM CII

Plat nomor kendaraan bermotor roda dua atau SIM C kini resmi bagi menjadi tiga golongan. Menurut Perpol No. 5/2021, Pasal 3 ayat 2, perbedaannya pada kapasitas silindernya. Adapun khusus untuk motor listrik, ada klasifikasi tersendiri.

– SIM C, cocok untuk mengendarai sepeda motor jenis kendaraan bermotor (ranmor) dengan kapasitas silinder mesin hingga 250 cc.

– SIM CI untuk mengemudikan kendaraan jenis sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin dari 250 cc sampai dengan di atas 500 cc atau kendaraan sejenis yang menggunakan tenaga listrik;

– Dan SIM CII untuk mengemudikan kendaraan sepeda motor dengan kapasitas silinder mesin melebihi 500 cc atau kendaraan sejenisnya. Anda pecinta motor? Simak juga nih teknologi pabrikan ducati di MotoGP.

Sekian ulasan terkait informasi tekologi berupa cara daftar SIM online dengan mudah dan praktis via aplikasi SINAR yang mungkin perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat sebagai referensi dan tambahan informasi yang menarik.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*